Jumat, 29 Juli 2011

Cara menentukan 1 Ramadhan oleh Muhammadiyah

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Cara menentukan 1 Ramadhan oleh Muhammadiyah – Sahabat Pustakers kali ini saya akan share mengenai Cara menentukan 1 ramadhan oleh Muhammadiyah. Materi pada artikel ini saya ambil dari buku Pedoman Hisab Muhammadiyah terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid pengurus Pusat Muhammadiyah, Cetakan ke-2 tahun 1430 H atau bertepatan dengan tahun 2009. (Anda bisa Download buku tersebut versi digitalnya pada link diakhir artikel ini). Cara menentukan 1 Ramadhan oleh Muhammadiyah.


pedoman hisab muhammadiyah

Pedoman Hisab Muhammadiyah

Hisab berasal dari kata Arab Al-Hisab atau dalam arti harfiahnya perhitungan atau pemeriksaan, tapi secara general atau umum kata Hisab diartikan sebagai perhitungan saja.

Organisasi Muhammadiyah sebagai organisasi Islam Yang sangat berpengaruh di Indonesia, terbukti dengan banyaknya pengikut orrganisasi ini yang tersebar diseluruh Nusantara (Republik Indonesia). Organisasi Muhammadiyah yang merupakan organisasi Yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta, mempunyai Metode dalam menentukan 1 ramadhan dan 1 syawah (idul Fitri), metode ini dinamakan metode Hisab atau metode perhitungan yang mengambil dasar dari Al-Qur'an dan Hadis shahih serta mememecahkan atau mengimplementasikan Ayat Qur'an dan hadis Nabi dengan ijma Ulama atau perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

Dalam menentukan 1 ramadhan dan 1 Syawal, dalam lingkungan organisasi muhammadiyah dilakukan metode hisab atau perhitungan dengan berpedoman pada tiga kriteria. kriteria tersebut adalah:

  1. Telah terjadi Konjungsi atau Ijtimak;
  2. Konjungsi itu terjadi sebelum matahari terbenam;
  3. Pada saat terbenamnya matahari, piringan atas bulan berada diatas upuk (bulan baru telah ada/wujud).

Ketiga kriteria diatas mesti atau wajib terpenuhi semua, kalau salah satu point diatas tidak terpenuhi, maka bulan baru belum dimulai.

Pada penentuan 1 ramadhan dan 1 Syawal tahun 2011 ini, Muhammadiyah akan melaksanakan metode diatas dalam menentukan 1 Ramadhan 1432 H atau 2011 dan 1 Syawal 1432 H atau 2011 (Idul Fitri 1432 H).

Khusus untuk penentuan 1 Ramadhan 1432 H, yang sebentar lagi dirilis oleh organisasi Muhammadiyah, maka jika sudah keluar nanti, maka blog Pustaka sekolah ini akan mempublish hasil hisab Muhammadiyah tersebut, serta tentunya blog ini akan publish pula jadwal imsakiyah Ramadhan 1432 H atau 2011 versi Muhammadiyah.

Update:

PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1432 H jatuh pada Senin tanggal 1 Agustus 2011. Sedangkan 1 Syawal 1432 Hijriah akan jatuh pada Selasa tanggal 30 Agustus 2011. Keputusan ini tertuang dalam:

Maklumat PP Muhammadiyah Nomor : 375/MLM/I.0/E/2011 tentang Penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1432 Hijriah.

Demikianlah artikel sederhana mengenai Cara menentukan 1 ramadhan oleh Muhammadiyah, semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat tentunya.[ps]

Catatan:

Bagi anda yang ingin mendownload gratis Buku Pedoman Rukyat Muhammadiyah dalam versi digitalnya, silahkan download DISINI


Admin 30 Jul, 2011


--
Source: http://uc1n.blogspot.com/2011/07/cara-menentukan-1-ramadhan-oleh.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

noreply@blogger.com (New bie) 30 Jul, 2011


--
Source: http://delapan-sembilan.blogspot.com/2011/07/cara-menentukan-1-ramadhan-oleh.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar