Selasa, 12 Juli 2011

8 Gedung Tertinggi di Dunia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Kegemilangan dunia konstruksi gedung bertingkat di dunia pada era modern sekarang, mungkin ditandai oleh berdirinya beberapa gedung di bawah ini. Rekor tertinggi-pun disabet pada gedung-gedung di bawah ini sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia versi 2011. Berikut rincian gedung-gedung yang dimaksud

1. Burj Khalifa (828 meter)


Burj Khalifa sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

2. Abraj Al Bait Towers (601 meter)


Menara Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi dan saat ini sedang dibangun. Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Lokasi menara ini berada di seberang jalan Masjidil Haram, salah satu masjid suci umat Islam. Saat ini bangunan ini menempati ke kedua bangunan tertinggi di dunia dengan tinggi 601 meter dan mempunyai  95 tingkat, serta bangunan tertinggi di Arab Saudi

3. Taipei 101 (508 meter)


Taipei 101 adalah pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei. Menara ini menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia.

Dalam banyak aspek, gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Toshiba telah menyediakan dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.008 meter per menit (63 km/jam atau 39 mil/jam) dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88, menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin.

4. Shanghai World Financial Center (492 meter)


Shanghai World Financial Center adalah gedung pencakar langit di Shanghai, Cina. Gedung ini merupakan gedung yang terdiri dari kantor, hotel, ruangan konferensi, dek pengamatan dan mall. Tinggi total gedung pencakar langit ini adalah 492 m dan merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Shanghai.

5. International Commerce Center (484 meter)


International Commerce Center adalah gedung berlantai 118, yang memiliki ketinggian sekitar 484 m di West Kowloon, Hong Kong. Gedung ini merupakan bagian dari proyek Union Square dibangun di atas Kowloon Station. Pembangunannya dimiliki secara kemitraan antara MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties, masing-masing metro operator Hong Kong dan pengembang properti terbesar. Saat ini bangunan ini menempati ke lima bangunan tertinggi di dunia, serta bangunan tertinggi di Hong Kong.

6. Menara PETRONAS (452 meter)


Menara Petronas merupakan menara kembar pencakar langit yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia. Memiliki tinggi 452 meter / 1.483 kaki. Kedua menara kembar dihubungkan dengan jembatan yaitu skybridge. Kalau tidak salah tujuannya buat evakuasi darurat. Kata Petronas itu kependekan dari Petroliam Nasional Berhad.

Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini. Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.

7. Nanjing Greenland Financial Center (450 meter)


Nanjing Greenland Financial Center
merupakan bangunan keenam tertinggi di dunia setelah petronas tower. Terletak di kota Nanjing, China. Dengan ketinggian mencapai 450 meter / 1.476 kaki. Dan selesai dibangun pada bulan april 2010.


8. Willis Tower (422 meter)



Willis Tower merupakan gedung pencakar langit dengan ketinggian 442 meter / 1.451 kaki. Berada di Chicago, Amerika Serikat. Dulu namanya menara sears.

Pembangunan dimulai bulan Agustus 1970, dan dicapai tinggi maksimum gedung seperti direncanakan pada tanggal 3 Mei 1973. Ketika selesai, ketinggian Menara Sears mengungguli World Trade Center di New York City, dan menjadi gedung tertinggi di dunia. Gedung ini terdiri dari 108 lantai, namun pemilik gedung menghitung lantai atap sebagai lantai 109, dan bagian paling atas yang berisi peralatan mekanik sebagai lantai 110.

source

noreply@blogger.com (sayaberitahu) 13 Jul, 2011


--
Source: http://sayaberitahu.blogspot.com/2011/07/8-gedung-tertinggi-di-dunia.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

noreply@blogger.com (New bie) 13 Jul, 2011


--
Source: http://delapan-sembilan.blogspot.com/2011/07/8-gedung-tertinggi-di-dunia.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar