Rabu, 13 Juli 2011

Olahraga untuk Hilangkan Varises Saat Hamil

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!


Hampir semua ibu hamil dihantui masalah varises di kakinya. Tonjolan pembuluh darah ini membuat gatal, kaki terasa berat dan sakit, kulit di sekitar varises terasa berdenyut atau bahkan rasa seperti terbakar. Beberapa olahraga dapat mengurangi varises saat hamil. Apa saja?

Varises adalah pembengkakan atau tonjolan pada pembuluh darah yang berada dekat permukaan kulit. Kondisi ini biasanya berwarna biru atau ungu yang sebagian besar muncul di kaki, meskipun kadang bisa juga di tempat lainnya.

Varises saat hamil biasanya terjadi ketika rahim memberikan tekanan kepada pembuluh darah vena besar (inferior vena cava) yang membawa darah kembali ke jantung dari kaki.

Selain akibat tekanan dari rahim, varises juga bisa muncul akibat perubahan hormon. Saat hamil terjadi peningkatan hormon progesteron yang mengakibatkan perubahan fisik dan psikis. Namun kondisi ini umumnya tidak berbahaya bagi kehamilan.

Berikut beberapa olahraga yang dapat mengurangi tonjolan pembuluh darah ini saat hamil, seperti dilansir Livestrong, Selasa (21/3/2011), yaitu:
1. Bersepeda

Spoiler for Bersepeda:


Aktivitas berat tidak dianjurkan selama kehamilan, namun olahraga ringan seperti bersepeda dapat membantu mengurangi varises selama kehamilan.

Selama kehamilan, rahim akan menambah tekanan pada vena cava inferior dan dengan demikian darah tidak bersirkulasi dengan baik pada bagian tubuh bawah. Hal ini mengakibatkan tekanan bertambah sehingga menyebabkan pembentukan varises pada kaki.

Dengan bersepeda selama 30 menit sehari, Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah ke bagian bawah kaki, memperkuat otot dan tendon yang mendukung pembuluh darah di kaki dan membantu mencegah varises.



2. Walking Lunge
Spoiler for Lunge:

Walking Lunge adalah olahraga ringan yang bisa memperkuat otot-otot dan pembuluh darah di kaki dan dapat membantu mencegah varises. Walking Lunge dapat membangun otot, membakar kalori, meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi darah di tubuh bagian bawah.

Untuk melakukannya, Anda memerlukan dua barbel kecil. Mulailah dengan menempatkan satu kaki ke belakang dan ke depan dengan masing-masing tangan memegang barbel. Tekuk lutut kaki yang di belakang dan kaki depan membentuk sudut 45 derajat. Tahan kondisi ini selama 5 detik dan ulangi untuk beberapa kali.


3. Jalan kaki
Spoiler for Jalan:

Berjalan selama 30 menit sehari akan meningkatkan sirkulasi darah, mencegah penambahan berat badan yang berlebihan, memperkuat otot dan pembuluh darah di kaki dan dapat mencegah varises selama kehamilan.


4. Berenang

Spoiler for Berenang:


Berenang adalah latihan aerobik lain yang dapat Anda lakukan saat hamil untuk dapat membantu mencegah atau mengobati varises. Setiap bentuk latihan aerobik yang meningkatkan sirkulasi dan memperkuat otot-otot kaki dapat dilakukan oleh wanita hamil untuk mencegah dan mengobati varises.

Sementara olahraga adalah cara yang sangat baik untuk mencegah varises selama kehamilan, gaya hidup sehat juga diperlukan untuk mencegah varises. Peningkatan berat badan dan berdiri lama atau duduk berkontribusi menjadi faktor risiko varises saat hamil.

Diet sehat dengan memperbanyak buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak dan serat dapat mengelola berat badan Anda saat hamil. Buah yang tinggi vitamin C juga akan membantu mencegah varises karena vitamin C dapat membantu memperkuat pembuluh darah.

Hindari memakai pakaian ketat karena akan membatasi aliran darah dan dapat berkontribusi membentuk varises. Hindari berdiri lama atau duduk dan jika Anda sedang duduk, jaga kaki tetap tinggi.






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9230738

noreply@blogger.com (admin) 13 Jul, 2011


--
Source: http://jelajahunik.blogspot.com/2011/07/olahraga-untuk-hilangkan-varises-saat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

noreply@blogger.com (New bie) 13 Jul, 2011


--
Source: http://delapan-sembilan.blogspot.com/2011/07/olahraga-untuk-hilangkan-varises-saat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar