Selasa, 21 Juni 2011

Cara Membuat Anggaran Jalan-Jalan Ala Backpacker

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
libur telah tiba..libur telah tiba.. horee.. horee.. horee...heeehehee... itu adalah sepenggal lagu yang dinyanyikan oleh artis cilik tasya. benar sekali kawan, libur telah tiba. kalian adakah rencana melakukan liburan yang menyenangkan diluar kota???

Jika kalian merencanakan liburan keluar kota dengan teman-teman atau pacar kalian, yang harus kalian perhatikan adalah pengeluaran. perencanaan pengeluaran yang baik akan membuat liburan anda lebih nyaman dan aman, tanpa ada rasa was-was kehabisan uang.. hehehe ( pengalamanku juga ni ) .

berikut ini adalah cara mengatur keuangan ala trinity.. backpacker yang sudah keliling dunia.

Tetapkan Tujuan

Seperti nasihat seorang perencana keuangan ternama, kiat pertama saya adalah: tetapkan tujuan. Tentu, tujuan yang dimaksud di sini adalah tujuan perjalanan. Apakah di dalam negeri, luar negeri, dalam kota, luar kota? Atau Anda berencana melakukan perjalanan panjang dengan banyak tempat tujuan?
Tujuan perjalanan akan menentukan besar anggaran yang disesuaikan dengan biaya hidup di sana. 

Biaya Transportasi Utama

Hal pertama dan paling mudah dihitung adalah transportasi utama (dari tempat asal ke tempat tujuan, sampai pulang kembali). Misalnya Anda dari Jakarta akan melakukan perjalanan ke Yogya, Bali dan Lombok. Berarti yang Anda hitung adalah:

1. Jakarta-Yogya : tiket bus/travel atau kereta atau pesawat
2. Yogya-Bali : tiket bus/travel atau pesawat
3. Bali-Lombok : tiket bus, tiket ferry, atau pesawat
4. Lombok-Jakarta : tiket bus atau pesawat

Bila Anda memutuskan membawa kendaraan sendiri, hitunglah perkiraan biaya bahan bakar berdasarkan jarak tempuh dan efisiensi penggunaan bahan bakar kendaraan Anda. 

Biaya Akomodasi
Berapa lama rencana perjalanan Anda? Bahkan jika Anda memiliki waktu yang sangat longgar dan tidak
punya batas waktu yang pasti, biaya akomodasi tetap bisa diperkirakan. Tentukan juga jenis akomodasi yang Anda inginkan: hotel berbintang (bintang satu sampai lima), hotel melati, hostel, atau losmen? 

Saat ini hampir semua penginapan memiliki website sehingga lebih mudah memperkirakan biayanya. Jika Anda berencana menumpang di rumah saudara atau teman, jangan salah: itu juga ada biayanya. Sesuai adat Indonesia, rikuh rasanya menumpang tanpa bawa oleh-oleh atau membelikan sesuatu bukan?

   Biaya Makan

Biaya makan memang sangat tergantung pada jenis makanan dan tempat makannya, namun Anda bisa menghitung secara garis besar berdasarkan tempat tujuan dan biaya makan Anda sehari-hari.

Contohnya: biaya hidup di Yogya lebih rendah dari Jakarta. Misalnya di Jakarta Anda biasa menghabiskan Rp 40 ribu sekali makan, maka di Yogya Anda bisa menganggarkan Rp 30 ribu. Tinggal dihitung berapa hari Anda tinggal di Yogya dan mau berapa kali sehari Anda makan. Bila penginapan sudah menyediakan sarapan, tentu Anda tinggal menghitung sisanya.

Biaya 'Printilan'
Perhitungan biaya yang paling sulit dan sering meleset adalah biaya serba-serbi atau "printilan". Biaya ini meliputi: transportasi selama berada di tujuan wisata, tiket masuk tempat wisata, tip, tiket tol, jajan dan biaya tak terduga. 

Sebisa mungkin Anda harus mencari informasi mengenai biaya-biaya ini sebelum berangkat, sehingga mempermudah pembuatan anggaran. Tapi jika informasi tersebut tidak tersedia, Anda bisa memperkirakannya dengan mengacu ke biaya makan (karena biasanya, biaya seperti itu berhubungan dengan biaya hidup di daerah setempat). 

Untuk biaya tak terduga, silakan disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Semakin besar, makin baik karena sifatnya untuk keperluan darurat.

Selamat berhitung!

(sumber : trinity (the naked traveller))




LiNa oLaLa 22 Jun, 2011


--
Source: http://silinaolala.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-anggaran-jalan-jalan-ala.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

noreply@blogger.com (New bie) 22 Jun, 2011


--
Source: http://delapan-sembilan.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-anggaran-jalan-jalan-ala.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar