Kamis, 30 Juni 2011

Foto Putra Mbah Maridjan Juru Kunci Merapi

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Yogyakarta: Putra ketiga almarhum Mas Ngabehi Suraksohargo atau Mbah Maridjan, Mas Bekel Anom Suraksosihono atau Asih, ditunjuk dan diangkat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi juru kunci Gunung Merapi.

"Asih ditunjuk menggantikan almarhum bapaknya menjadi juru kunci Merapi setelah melalui seleksi yang diadakan keraton," kata Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat GBPH Joyokusumo saat mengumumkan juru kunci Merapi pengganti Mbah Maridjan di Yogyakarta, Ahad (3/4).

Menurut dia, penunjukan dan pengangkatan juru kunci Merapi itu telah melalui beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan pembentukan sembilan orang sebagai tim seleksi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Tim seleksi membagi diri dalam empat kelompok yang masing-masing menyusun pertanyaan. Kelompok tersebut adalah kelompok di bidang keagamaan, kebudayaan, kekeratonan, dan kemasyarakatan.

"Selanjutnya tim menyeleksi 10 abdi dalem laki-laki dari 18 abdi dalem juru kunci Merapi. Hasil seleksi kemudian dilaporkan kepada Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X," katanya.

Ia mengatakan, setelah menerima dan mempelajari laporan tersebut Sultan menetapkan juru kunci Gunung Merapi adalah Mas Bekel Anom Suraksosihono atau Asih, yang akan naik pangkat menjadi lurah dengan sebutan Mas Lurah Suraksosihono.

"Juru kunci Merapi akan menyatu dalam komunikasi dan koordinasi bersama pemerintah kabupaten dan badan atau instansi terkait Gunung Merapi. Di mana pun ketugasannya, juru kunci Merapi harus bisa menjadi panutan masyarakat dengan layak dan benar," katanya.

Mas Bekel Anom Suraksosihono atau Asih (44) mengatakan, berterima kasih kepada keraton yang mempercayakan amanah tugas menjaga Merapi dengan tetap mengutamakan koordinasi dengan masyarakat.

"Mudah-mudahan setelah diangkat menjadi juru kunci Merapi, saya dapat melaksanakan amanah dengan baik sesuai dengan persetujuan dan aturan yang ada di keraton. Saya juga akan mengutamakan koordinasi dengan masyarakat," katanya.

Menurut dia, dirinya akan melakukan penyesuaian antara nilai-nilai tradisi keraton dengan perkembangan teknologi. Dirinya juga akan terus mengikuti perkembangan yang terjadi di tingkat pemerintah.

"Dalam mengemban amanah menjadi juru kunci Merapi menggantikan bapak (Mbah Maridjan, red), saya diberi kelonggaran oleh kantor untuk menjalankan tugas tersebut," kata karyawan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu.(Ant/ICH)

http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2011/04/03/47475/Putra-Mbah-Maridjan-Juru-Kunci-Merapi


Admin 01 Jul, 2011


--
Source: http://uc1n.blogspot.com/2011/07/foto-putra-mbah-maridjan-juru-kunci.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

noreply@blogger.com (New bie) 01 Jul, 2011


--
Source: http://delapan-sembilan.blogspot.com/2011/07/foto-putra-mbah-maridjan-juru-kunci.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar